candid gaming news

Musik Rakyat Eropa Dan Aksi | Never The Same

Musik Rakyat Eropa Dan Aksi | Never The Same – Para pekerja pertanian bernyanyi dan berteriak bersama, sebuah lagu tentang elang abu-abu besar: “zapevala soko tica siva!” Sabit mereka menyapu jerami tepat pada waktunya, dan langkah mereka tetap seirama. Meskipun tiga generasi hadir pada Perayaan Panen tahun ini, Musik Rakyat Eropa tidak ada yang ingat dari mana asal lagu lama yang akrab ini, dan tidak ada yang bertanya. Orang-orang tua di kota Serbia ini tidak ingat belajar musik.

Dalam bukunya “Music: A Means of Performing and Listening”, Christopher Small menyatakan bahwa “musik tidak ada”, “Musik bukanlah sesuatu, tetapi suatu aktivitas, sesuatu yang dilakukan orang. “Sesuatu” adalah kata kuncinya di sini: musik ada, tetapi hanya pada saat-saat ketika kita memainkan, mendengarkan, dan mengalaminya, hanya di tempat dan pertemuan yang kita setujui bahwa musik dapat dan harus terjadi. Musik, meskipun musik tertulis, bukanlah objek, itu adalah proses yang tidak pernah terlihat sama dan tergantung pada konteks di mana ia dilakukan. Lagu-lagu yang dinyanyikan oleh sekelompok pekerja ditentukan oleh komposisi dan tempo: tentu saja, masih bisa diperdebatkan apakah banyak dari Harvest dan Googler akan mengenali lagu mereka dalam rekaman atau skor tertulis. Lagi pula, dalam kata-kata kolektor musik rakyat abad ke-19, musik tertulis yang tidak diputar seperti “bunga kering dalam koleksi” indah tapi tak bernyawa dan tak bernyawa. Kita semua terlibat dalam pembuatan musik, berkali-kali, berkontribusi pada kebangkitan musik.

Daftar putar minggu ini didasarkan pada kategori yang tidak ditentukan, Musik Rakyat Eropa. Di sini Anda akan menemukan suara yang familiar dan asing dari seluruh Eropa, termasuk semua instrumen dan tradisi yang disebutkan dalam artikel terlampir: sitar Nordik, nyanyian Yoik Sami, Fujara dan banyak lagi. Musik Seattle Awal:

Musik Rakyat Eropa Tradisional Internasional

Beberapa orang mungkin melihat kurangnya teks tetap ini, bahwa musik ini berasal dari dan melalui tindakan pembuatannya, sebagai simbol dari apa yang kita sebut “musik pop”. Meskipun istilah ini familiar, cukup sulit untuk menentukan siapa orang-orang ini dan apa musik mereka sebenarnya. Dalam pencarian kami, kami dapat beralih ke Dewan Musik Rakyat Internasional, organisasi musik rakyat resmi, yang definisi musik rakyat pada tahun 1954 menempatkannya sebagai “hasil dari tradisi musik yang telah berkembang melalui proses transmisi lisan.” “Transformasi dan kreasi ulang musik adalah milik komunitas yang memberikan karakter kepada masyarakatnya”. IFMC kemudian berganti nama menjadi Dewan Musik Tradisional Internasional, yang dapat memberi kita petunjuk tentang bagaimana definisi musik rakyat diperdebatkan

Konsep Musik Rakyat Eropa

Untuk memberikan definisi istilah yang lebih bernuansa, Grove Music Online mengambil pandangan yang lebih kritis terhadap entri musik folk, yang mencerminkan beratnya dilema:

“Konsep ini telah didefinisikan dan dikembangkan dalam berbagai cara oleh kolektor, cendekiawan, dan profesional di lokasi geografis yang berbeda dan dalam periode sejarah yang berbeda. Banyak digunakan di Eropa dan Amerika Serikat, digunakan secara diam-diam dan terbuka untuk membangun dan menyangkal hubungan dengan identitas. terkait dengan kelas, negara bagian atau ras, dan terus menjadi sumber kontroversi dan perdebatan sengit, berakar pada pertanyaan tentang identitas dan identitas ‘rakyat’, definisi perangkat musik, cara repertoar disebarluaskan, dan evaluasi suara

Meskipun definisi kontekstual yang lebih panjang ini mungkin lebih akurat, definisi ini tidak memberi tahu kita seperti apa istilah umum dari misteri yang dikenal sebagai musik rakyat ini. Jadi, untuk mempersingkat percakapan, kita dapat beralih ke definisi singkat yang dipopulerkan oleh musisi musik folk Amerika pada 1960-an dan 1970-an: “Musik rakyat adalah apa yang dinyanyikan orang.”

Terlepas dari pertanyaan yang tersisa tentang siapa “orang” itu, para pelancong dan cendekiawan abad ke-18 dan 19 yang meletakkan dasar bagi koleksi musik rakyat kami yang luas sekarang tampaknya tahu siapa dan apa yang mereka cari. Sebuah romansa yang canggih dengan waktu dan uang yang cukup untuk menghabiskan beberapa bulan di negara bagian barat Swedia atau pegunungan di utara Hongaria, para calon pelancong ini mungkin menganggap diri mereka menyukai “musik rakyat” yang sesungguhnya. Melalui jurnal dan surat perjalanan, yang ditulis untuk orang kaya yang ingin menjelaskan secara rinci tentang interior dan kehidupan petani yang indah, konsep “desa” menjadi hidup: cerita rakyat, tarian rakyat.kesenian daerah, lagu daerah. Diciptakan oleh Johann Gottfried Herder pada akhir abad ke-18, istilah volkslied sering disebut-sebut sebagai asal mula dari kategori ini, sebuah istilah yang didefinisikan sebagai “komposisi komunal” dan “sebuah ‘martabat’ estetika

Varian Musik Rakyat Eropa Tradisional Internasional

Mengingat idealisasi musik petani ini, tidak mengherankan jika pelancong kelas atas sering menulis dengan sangat antusias tentang pertemuan musik mereka. Misalnya, ada kisah Baron Karl Ehrbert dari Salzburg, yang mendapati dirinya terjebak di sebuah pondok kayu bersama seorang gembala dan istrinya pada hari hujan pada tahun 1784. “Akan sangat menyedihkan menghabiskan malam di perusahaan seperti itu.. .” tulisnya, “jika gembala yang terhormat tidak membuang waktu untuk memamerkan bakat musiknya. Dia membisikkan Allemande pada harpa yahudinya, memainkan minuet cantik atau lagu daerah dengan biolanya, atau memainkan kekasih yang hebat menyanyikan lagu yang memilukan. Namun, turis serupa lainnya hampir tersinggung dengan apa yang mereka dengar, seperti komposer Italia Giuseppe Acerbi. Saat bepergian dengan pemandu Swedia untuk mempelajari Saami dan Finlandia pada tahun 1798, Acerbi “berkali-kali mencoba, menggunakan koin dan roh, untuk membujuk herdelapparna [rusa menggembala Lapps] untuk menafsirkan melodi mereka”. Namun, yang bisa dia lakukan hanyalah “membuat mereka berteriak dengan mengerikan”. Menemukan musik yang jauh dari perkotaan, musik melek huruf dari ruang konser di mana ia menjadi bagian, Acerbi menyimpulkan bahwa pedesaan Finlandia seharusnya “tidak memiliki rasa harmoni” dan bahwa “musik serius” harus “benar-benar dibuang. musik”. daerah terkutuk dan terisolasi”

 

Meskipun bukan penggemar tradisi menyanyi country Finlandia, Acerbi mungkin sama antusiasnya dengan Baron Eherbert dalam hal musik folk yang lebih instrumental, sering kali lebih dekat dengan konsep urban tentang musik country. Ambil, misalnya, tradisi musik di sekitar langspil Islandia atau rekan-rekan Nordik terkait seperti langeleik Norwegia dan hummel Swedia. Menjadi instrumen string bengkok, yang disebut harpa drone, dapat mengingatkan petualang Italia kami biola dan biola dari negara asal mereka. Saat memainkan nada panjang pada dua senar drone, musisi live memainkan melodi pada senar khusus untuk tujuan ini, menghasilkan harmoni biola yang mungkin terdengar diatonis bagi setiap pelancong Eropa Tengah. Langspil juga dapat dikutip, menghasilkan suara yang tidak berbeda dengan kebanyakan instrumen mengutip yang ditemukan di seluruh Eropa. Instrumen lain dari keluarga ini, khususnya langeleic, dengan tujuh fretnya yang membentuk tangga nada mayor diatonis, mungkin telah memenangkan kekaguman penuh hormat dari Acerbi. Namun, bahkan dalam rentang musik yang lebih luas ini, outlier seperti nykelharpa Swedia, kerabat dari hurdy-gurdy yang menggunakan kunci mekanis untuk mengubah nada senar, mungkin telah membuat Acerbi berhenti.

BACA JUGA : Ringkasan Sejarah Musik Klasik Barat Sejarah Abad Pertengahan

Tetapi jika Dewan Musik Pop Internasional yang malang membiarkan proses tersebut tidak tersentuh, mengklaim bahwa “menciptakan kembali dan menciptakan kembali musik komunitas memberikan karakter masyarakatnya,” musik rakyat dapat terus berjalan. Fenomena musik baru ini muncul sebagai ekspresi musik rakyat dan berkembang pesat di masyarakat perkotaan dan pedesaan, yang mengarah ke genre baru yang disebut “folk”, yang berakar pada musik country tradisional tetapi telah beradaptasi dengan kafe dan panggung besar kota. Sementara tradisi berorientasi perubahan mungkin tampak paradoks, penerimaan tanpa henti mereka terhadap perubahan dan perubahan ini paling jelas mendefinisikan “musik rakyat” sebagai genre yang sangat tidak pasti. Anda dapat menyanyikan lagu yang sama dari tahun ke tahun, tetapi suara yang dihasilkan tidak diulang dua kali.

Exit mobile version